BLANTERWISDOM101

Review Buku Nutrisi Genqu

Senin, 28 Desember 2020
Assalamu Alaikum Warahmatullah,

Big Why Memiliki Buku Ini

Ibu adalah garda terdepan keluarga untuk memastikan kesehatan seisi rumahnya. Suami dan anak-anak yakin dan percaya bahwa apa yang kita sajikan di meja makan adalah yang terbaik baik dari rasa, kebutuhan gizi dan kesehatan mereka.

Wanita yang diberikan anugerah multi tasking dari Allah SWT, kelebihan untuk bisa mengerjakan dua atau tiga hal dalam satu waktu, melebihi fokus kaum Adam. Kodrat seorang wanita, ibu dan isteri menuntut kita untuk menjadi ahli kesehatan, ahli pendidikan, ahli gizi dan sebagainya setidaknya untuk keluarga kecil kita. Untuk itu kita perlu ilmu dari semuanya.

Buku ini recomended bangett buat kamu para wanita, isteri dan ibu sebagai garda terdepan kesehatan keluarga.

Riwayat Buku

Judul Buku  : Nutrisi GenQu (Melalui Tadabbur Al Quran dan Sunnah)
Penulis.       : dr. Meity Elvina, M.Ked, SpOG, PGCert dan Siti Aisyah Hambali, S.Si
Penerbit       : Rumah Nutrisi Gen-Qu
Tahun Terbit: Cetakan pertama, November 2020
Ukuran.        : 14.5 × 2/ cm
Halaman       : xiv + 292 halaman

Buku ini hadir sebagai ikhtiar mengenalkan nutrisi fitrah bagi kehidupan manusia, bukan hanya fokus kepada jenis dan pola makan saja, namun juga berusaha mencerahkan para pembaca bagaimana mengharmonisasikan tubuhnya dengan alam, ekosistem di luar dan di dalam tubuhnya bersama makhluk jasad renik ciptaan Allah SWT, mikrobioma serta sinergi tubuhnya dengan waktu siang dan malam melalui tadabbur Al Quran dan Sunnah.

Man 'Arofa Nafsahu faqod ' Arofa Rabbahu'. Barang siapa mengenal dirinya, maka ia akan mengenal Tuhannya. 

Dengan mengenal dirinya, seorang insan akan mampu menjaga kesehatannya, hal ini merupakan wujud  syukur dari seorang insan kepada Sang Pencipta-Nya. Setiap manusia yang menjaga tubuhnya agar tetap dalam kondisi sehat, pasti ia akan lebih baik dalam beribadah kepada Allah SWT.

     Bahasan Perbab

Nutrisi GenQu terdiri dari dua belas bab, Bab Satu membahas tentang panca indera terpaut pada panca indera pendengaran, penglihatan, penciuman, peraba dan pengecap. Dalam indera pendengaran bagaimana suara tilawah Al Quran dapat menjadi obat. Dahsyatnya pengaruh suara tilawah Al Quran terhadap kesehatan yang disebut Signaling sound merupakan bunyi atau gelombang suara Al Quran, Dzikir, Doa dan Istigfar, karena suara ini merangsang hipotalamus suatu bagian di dalam otak yang merupakan pusat kendali sistem organ tubuh.

Bab dua membahas sumber nutrisi manusia berasal dari bumi. Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan Adam dari tanah yang diambil dari seluruh tempat di mka bumi ini. Dan sungguh Kami telah ciptakan ayah dari seluruh manusia, Adam dari tanah. Tanah penciptaannya berasal dari saripati hasil hasil campuran air dengan tanah. Maka sebagai makhluk Allah SWT yang diciptakan dari saripati tanah, maka sumber nutrisi fitrah untuk tubuh manusia adalah yang bersumber dari tanah (bumi).

Hingga Bab dua belas adalah bab terakhir buku ini membahas tentang nutrisi gen melalui tanaman yang terdapat dalam Al Quran sebagai pencegah penyakit. Dizaman dahulu belum ada makanan cepat saji ataupun makanan kemasan yang mengandung zat aditif. maka itu, tak heran jika orang-orang zaman dulu cenderung lebih panjang umur sebagaimana kita membaca kisah para anbiya di dalam Al Quran, umur beberapa Nabi disebutkan sangat panjang dan Rasulullah SAW yang hampir tak pernah sakit sepanjang umurnya, Rasulullah SAW secara rutin menjalankan puasa-puasa sunnah dan gemar mengkonsumsi makanan yang alami, diantaranya kurma, delima, tin, madu, habbatussaudah, zaitun, gandum, sayuran, susu, daging ternak, ikan laut dsb.

Produk makanan yang tersedia saat ini umumnya didasarkan pada selera rasa dari konsumen dari pada faktor kebutuhan biologisnya. Dewasa ini, ketika fenomena penyakit generatif terus meningkat, maka masyarakat menjadi lebih sadar akan kerentaan bawaan di dalam sel tubuh mereka, sehingga mereka memilih makanan yang sesuai dengan keadaan spesifik mereka. 

Penutup

Buku ini membahas peran dan pentingnya nutrisi yang dipersonalisasi dalam kehidupan sehari-hari dalam kontribusi jenis makanan alami yang ditaddaburi dari Al Quran yang relevan dan merujuk pada referensi ilmiah.

Begitu besar pengaruh makanan bagi tubuh dan jiwa seorang manusia. Sehingga dalam ajaran Islam, hal-hal yang berkaitan dengan aturan makan dan minum sangatlah jelas. Mulai dari adab makan, mengatur proporsionalitas serta kuantitas makanan di dalam perut juga ada tuntutannya. Semua itu harus memenuhi makanan halal dan haram serta makanan yang baik (thayyib) untuk dikonsumsi oleh umat Islam. 

Buku ini recomended buat kita semua khususnya kaum Ibu sebagai penyedia makanan halal lagi thoyib, semoga review buku ini bisa menambah wawasan kita semua, sekian.

Wassalam.
Share This :
Nurfaizah Husen

Perkenalkan nama saya Nurfaizah isteri dari Muh. Yusran Achmad, Ibu dari tiga orang anak, lagi seru-serunya belajar Fitrah Based Education untuk membersamai anak-anak menumbuhkan fitrahnya

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga El Zahrans Journey bisa memberi insight .
Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup yah