BLANTERWISDOM101

Review Workshop Rubrik Portofolio Bakat

Senin, 08 November 2021
Bismillah,
Selama tiga pekan di setiap Senin  kegiatan yang wajib diikuti untuk saya emak homeschooler, workshop rubrik portofolio bakat. 
Tujuannya adalah agar dapat mencatat proses belajar dan perkembangan anak kami. Diawal pembukaan Bu Diena Syarifa menjelaskan bahwa rubrik bakat ini menggunakan tools Talents mapping agar terdesktipsi, terukur dengan tajam.
Bakat akan berujung dengan misi hidup agar produktif dan bermanfaat untuk ummat, bakat tidak mengarah ke karir karena tidak konsisten selalu berubah-ubah dan hanya mementingkan kepentingan pribadinya, semata-mata untuk capaian duniawi.

Sesi 1
Portofolio Bakat dengan Talents Mapping

Portofolio bukan kumpulan kliping yang memuat segala aktifitas anak.

Konsep Dasar Portofolio Bakat
1. Alamiah, Spontan
Portofolio adalah pilihan aktivitas yang 4E: Enjoy, Easy, Exelent dan Earn. Jadi kompeten belum tentu memberi 4 E bagi anak kita. Contoh yang diberikan Bu Diena Syarifa adalah kepada anak ke dua beliau Baim, semasa kecil hingga mendekati dewasa anaknya sering ,mengikuti lomba catur dan berbagai medali dan piala sudah diraihnya. Namun si anak tidak satupun memasukkannya dalam portofolio bakat.
 Hasil diskusi bareng sang Bunda bahwa catur hanya dipakai dalam metode belajarnya dalam mengatur strategi, sering memenangkan lomba catur karena sering dilatihkan saja.

2.Dinamis selalu bertumbuh, berubah keep updates
4 E yang diperoleh dalam bidang peternakan. Setelah dirunut dan mendapat benang merah nya adalah saat memasukan portofolio gambar, dan gambar yang dimasukkan adalah bebagai gambar  binatang ternak, setelah itu mengikuti berbagai magang. 
3. Menggambarkan trend, kecenderungan benang merah bukan judgement
4.Dinilai oleh orang tua/guru yang memiliki kemampuan observasi bakat.
5.Aktifitas 3B: beragam, berulang-ulang, berinteraksi dengan banyak orang. Capaiannya 4 E: Enjoy, Easy, Exelent dan Earn.
6. Bersabar sampai anak menemukan dirinya "This is me!"

Jadi penilaian portofolio bakat dengan metode Talents mapping adalah: rekaman penilaian autentik yang memperkuat kemajuan dan kualitas minat dan bakat anak.

Sesi 2 Rubrik Bakat

Pada pekan kedua kami dijelaskan  bagaimana menilai rubrik bakat untuk umur dibawah 7 tahun cukup enjoy dan diumur  7 -10 tahun boleh menambah easy dan  enjoy, 10 - 15 tahun kriteria penilaian : enjoy, easy, Exelent dan umur 15 tahun ke atas kriteria penilaian akan bertambah, yaitu: enjoy, easy, exelent dan earn.

Mengapa menggunakan rubrik
1 Intruksinya fokus
2.Guide feedback:Memberi informasi secara deskriptif petunjuk untuk mengarahkan 
3.Objective: carakterize desired result.
4. Purposefully:Operasionalize performance standards
5.Constantly:Develop self assessment competence
6.Thoughfully: involve student


Sesi 3 Workshop Rubrik Bakat

Pekan ke tiga Workshop rubrik bakat adalah melatih para orang tua untuk mengamati, menganalisa dan mencatat aktifitas yang dilakukan anak. Evaluasi rubrik portofolio untuk satu aktifitas dapat diujikan kembali persemester agar para orangtua dapat melihat perkembangan anak dari hari ke hari. Perlu dipahami para orangtua bahwa portofolio ini adalah hasil diskusi bersama anak dan si anak sendiri yang menjelaskan bagaimana perkembangan belajarnya. Orang tua cukup mencatat kegiatannya agar tajam dan dapat dibaca oleh siapapun.

Selama 3 pekan mengikuti sesi portofolio rubrik bakat dengan Talents Mapping, membuka pikiran dan mata hati saya dalam menemani belajar anak-anak yang memilih homeschooling. Apapun pilihan belajar anak-anak, semua memiliki konsekuen baik itu memilih jalur formal dan informal, yang terutama dan penting belajar dilalui dengan penuh kesungguhan, semangat binar bahagia dan tidak ada keterpaksaan kepada anak.
Evaluasi belajar tidak membandingkan anak satu dan lainnya karena setiap kita tidak ada yang mau diduakan yah kann☺️🤭.
Semoga bermanfaat untuk anak-anak kami kedepannya.Aminn Ya Robbal Alaminn 🤲
Share This :
Nurfaizah Husen

Perkenalkan nama saya Nurfaizah isteri dari Muh. Yusran Achmad, Ibu dari tiga orang anak, lagi seru-serunya belajar Fitrah Based Education untuk membersamai anak-anak menumbuhkan fitrahnya

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga El Zahrans Journey bisa memberi insight .
Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup yah