BLANTERWISDOM101

Modern Learning

Sabtu, 15 Oktober 2022
Didiklah anakmu sesuai zamannya karena  mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian. ( Ali Bin Abi Thalib)

Ilmu dan kebutuhan kerja akan dinamis dan berkembang maka metode dan model belajar akan berubah sesuai kebutuhannya.
Pendidikan zaman dulu sistem dan proses belajar adalah di dalam ruangan dengan salah seorang guru memberikan/transfer  ilmu lewat text book. Ini sesuai dengan sejarah pada zaman penjajahan Belanda untuk memenuhi dan menjawab kebutuhan kerja menjadi administrasi sebuah pabrik dengan syarat keseragaman, menerima dan mengerjakan apa yang diperintahkan sesuai textbook dan rutinitas. Apabila proses belajar ini terus kita lanjutkan maka skill kita akan dikalahkan dengan sistem artifisial inteligen.

Kurikulum Fitrah Based Education Sebagai Inti

Dalam buku Fitrah Based Education oleh ust. Harry Santosa Allahumma yarham menjelaskan pendidikan sejati Indonesia selaras dengan peran atau misi hidup. Pada skala bangsa atau organisasi, misi hidup spesifik ini disebut juga dengan DNA sebuah bangsa di pentas peradaban. Jika bangsa itu Allah SWT takdirkan memiliki potensi keunikan alam dan budaya berupa agraria atau maritim, kerajinan atau seni kreatif, maka itulah peran peradaban atau DNAnya dan berdasarkan DNA itulah seharusnya pendidikan sejati Indonesia dirancang. Potensi kekuatan dan keunikan bangsa inilah yang seharusnya dikembangkan melalui pendidikan yang kemudian direlasikan dengan potensi kekuatan dan keunikan anak-anak generasi Indonesia agar menjadi produktif, kemudian dilingkupi sistem hidup yang bersumber dari keteladanan, keyakinan dan kearifan agama yang dianut sehingga menjadi akhlak yang mulia.

Modern Learning 

Menurut Bersin tahun 2004, dalam podcast Dr. Indrawan Nugroho yang berjudul Modern Learning. Karakteristik pembelajar modern adalah mudah terdistraksi, tidak sabaran dan tidak punya cukup waktu untuk belajar. Setelah mengetahui karakteristik pembelajar modern ini maka desain pembelajaran harus sesuai dengan karakter mereka. Maka metode modern learning yang diberikan adalah:

Untethered

Mobilitas mereka yang tinggi sehingga proses belajar tidak terikat waktu dan tempat 

Ondemand

Mobile learning dan Mencari informasi sesuai kebutuhannya

Collaboratif

Team based learning, akan lebih banyak mendapat insight sesama timnya 

Empowered

Beri mereka misi untuk menyelesaikan masalah yang urgent dan real. Antara lain lewat projects based learning atau dengan problem based learning.

Semoga dengan mengetahui karakteristik pembelajar modern ini kita tidak mendesain pembelajaran yang tradisional untuk mereka.


Share This :
Nurfaizah Husen

Perkenalkan nama saya Nurfaizah isteri dari Muh. Yusran Achmad, Ibu dari tiga orang anak, lagi seru-serunya belajar Fitrah Based Education untuk membersamai anak-anak menumbuhkan fitrahnya

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga El Zahrans Journey bisa memberi insight .
Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup yah