BLANTERWISDOM101

Aktivitas Harian Sekolah Non Formal

Kamis, 18 Januari 2024
Jadwal yah, ini yang menjadi tantangan anak yang belajar mandiri. Bila sekolah formal dengan roster mata pelajaran dan waktu yang sudah ditentukan dalam satu semester. Anak dengan memilih jalur formal tinggal menyiapkan pelajaran,.menyiapkan buku sesuai jadwal harian dan guru akan memberikan materi sesuai kurikulum yang sudah ditetapkan. 

Bagaimana dengan anak yang memilih belajar mandiri lewat jalur non formal?
Pembelajaran mandiri lebih fokus pada personal kurikulum. Target pembelajaran, akan menentukan guru atau maestro yang dibutuhkan  anak. Lebih memudahkan lagi apabila anak yang memilih jalur pendidikan ini ditunjang oleh keluarga yang memiliki misi keluarga yang Ajeg. 

Misalnya keluarga yang fokus untuk berjuang dalam hal pertanian dan pangan yang sehat. Kurikulum harian anak akan otomatis mengikuti teladan orangtuanya seperti membantu memberikan makanan, mengecek kesehatan hewan unggas atau ternak yang dipelihara, menyiapkan media tanam yang alami untuk persiapan menanam dan siklus tanam. 

Setiap proses pembelajaran tentu memiliki output. Setiap anak juga memiliki metode belajar yang beragam walaupun masih dalam satu keluarga, anak pertama bisa jadi suka bidang pertanian saja anak kedua memilih hewan unggas peliharaannya sebagai jadwal harian mereka. Orangtua tinggal mendamping dan mengevaluasi target dan makna belajar setiap anak. 
Share This :
Nurfaizah Husen

Perkenalkan nama saya Nurfaizah isteri dari Muh. Yusran Achmad, Ibu dari tiga orang anak, lagi seru-serunya belajar Fitrah Based Education untuk membersamai anak-anak menumbuhkan fitrahnya

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga El Zahrans Journey bisa memberi insight .
Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup yah