BLANTERWISDOM101

Demokrasi dan Literasi

Sabtu, 17 Februari 2024
"Demokrasi itu harus Ribut" Speak Up menyuarakan kebenaran. Petikan pembicaraan podcast Rhenal Kasali dengan Profesor Sulistiawaty pakar hukum antropologi. 



Budaya hukum demokrasi kita adalah etika moral yang dibangun dari kebiasaan baik masyarakat Indonesia dari sejak dahulu. Tidak wajib harus melewati kampus jurusan hukum untuk memahami konsep berpikirnya. 

Level dasar ilmu hukum tentang demokrasi memaknai aturan baik dan koridor yang mengatur kehidupan manusia agar selaras dalam jalur etika moral yang baik.

Namun hukum demokrasi ditingkatan lanjut akan lebih tajam mengatur demokrasi sebagai bentuk pengaturan kekuasaan. Beginilah sejarah demokrasi lahir dari budaya Eropa. 

Literasi adalah pengalaman pemahaman beragam, etika sebagai panduan kebenarannya. 

Budaya cinta baca memberikan pemahaman yang utuh akan pandangan hidup. Maka pengalaman sejak dini berliterasi adalah cerita difabel dan kisah budaya  yang menjunjung tinggi etika moral bangsa Indonesia. Agar kekuasan tidak lahir dari pemimpin amplop serangan fajar.
Share This :
Nurfaizah Husen

Perkenalkan nama saya Nurfaizah isteri dari Muh. Yusran Achmad, Ibu dari tiga orang anak, lagi seru-serunya belajar Fitrah Based Education untuk membersamai anak-anak menumbuhkan fitrahnya

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga El Zahrans Journey bisa memberi insight .
Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup yah